© Vincent, 2013-2018; Semarang, Indonesia.  Dokter Tetap Orthopedi & Traumatologi @ SMC (Semarang Medical Center) - RS Telogorejo Semarang.

Dokter Tulang, Sendi & anggota gerak @ Semarang Halaman Muka Tentang Saya Info Kesehatan Kontak/Klinik Konsultasi Kaki Pengkor

Penanganan kaki pengkor sejak dini akan memberikan hasil yang umumnya memuaskan dan dapat menghindari terjadinya kecacatan saat remaja/dewasa

Kaki pengkor adalah kelainan bentuk kaki dimana posisi kaki seseorang menjadi bengkok dan berputar ke dalam. (seperti tampak pada gambar).  Kaki pengkor umumnya terjadi pada bayi/anak akibat kelainan bawaan lahir, dapat terjadi pada salah satu maupun kedua kaki.  Secara medis kelainan tersebut disebut Congenital Talipes Equinovarus.  Banyak faktor yang menyebabkan kelainan tersebut, diantaranya genetik, posisi janin ketika dalam kandungan,  kelainan pertumbuhan jaringan lunak dan tulang kaki, dsb.  Diagnosa dapat ditegakkan hanya melalui pemeriksaan fisik, tetapi dapat dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti foto ronsen pada kasus-kasus tertentu. Kaki pengkor yang tidak diperbaiki sampai dengan usia remaja atau dewasa umumnya menyebabkan anak/orang tersebut berjalan dengan menggunakan ankle sebelah luar dan sering memberikan rasa nyeri dan sulit berjalan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penanganan kaki pengkor gampang-gampang susah.  Penanganan pada usia dini berupa koreksi bertahap dengan serial gips yang diganti setiap 5-7 hari dengan koreksi teknik Ponseti dilanjutkan dengan alat (splint) khusus Dennis Brown dan sepatu khusus..  Pada sebagian kasus diperlukan tindakan tambahan berupa pembebasan jaringan lunak yang seringkali dapat dikerjakan dengan pembiusan lokal.  Kaki pengkor yang dilakukan penanganan sejak dini (bayi baru lahir) umumnya memberikan hasil sangat baik dan terkadang nyaris sempurna.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penanganan pada kasus yang terlambat datang, ataupun kasus-kasus lanjut dan kasus yang berat berupa tindakan operasi, diantaranya operasi membebaskan/memanjangkan beberapa urat yang berhubungan dan membebaskan sendi yang kaku akibat bentuk kaki tersebut.  Tindakan operasi lain berupa rekonstruksi tulang yang umumnya dikerjakan pada usia remaja/dewasa yang disertai kelainan berat.

Vincent, September 2015

 

Gambar
Kiri: Kaki Pengkor
Kanan: Kaki Pengkor remaja
Gambar
Koreksi Gips Serial
Gambar
Splint Dennis Brown