© Vincent, 2013-2018; Semarang, Indonesia.  Dokter Tetap Orthopedi & Traumatologi @ SMC (Semarang Medical Center) - RS Telogorejo Semarang.

Dokter Tulang, Sendi & anggota gerak @ Semarang Halaman Muka Tentang Saya Info Kesehatan Kontak/Klinik Konsultasi Penggantian Sendi 
Panggul dan Lutut

Penggantian sendi panggul dan lutut bukan sesuatu yang menakutkan tetapi sesuatu yang relatif sederhana, dan saat ini sudah lazim dilakukan dengan hasil yang sangat baik dan dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan era tahun 2000an.

‘Penggantian Sendi’ adalah suatu prosedur tindakan pembedahan yang dilakukan pada sendi yang sudah rusak dan tidak memungkinkan berfungsi dengan baik bila dipertahankan.  Sekilas bagi awam, tindakan yang seringkali dikenal sebagai ganti tempurung ini merupakan sesuatu yang tampak heboh dan mengerikan, akan tetapi tindakan tersebut sebenarnya secara medis sudah lazim dikerjakan dan relatif sederhana.  

Banyak kasus kerusakan total sendi yang memerlukan penggantian sendi, diantaranya akibat pengapuran stadium lanjut, kerusakan sendi akibat infeksi (setelah infeksi selesai ditangani),  paska kecelakaan atau patah tulang komplikasi yang tidak memungkinkan sendi dipertahankan, dsb.  Sendi yang saat ini lazim dilakukan penggantian adalah sendi lutut dan sendi panggul dimana kedua sendi tersebut sangat diperlukan untuk beraktivitas dan berjalan.  

Tindakan penggantian sendi ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas hidup seseorang.  Misalkan seseorang yang saat masih muda dan kuat dapat berjalan naik turun gunung, aktif berolahraga aerobik, dan jagoan bermain bola, pada saat usia mendekati 50 tahun susah berjalan dan harus tertatih-tatih karena lutut nyeri dan bengkok akibat pengapuran sendi lutut stadium terminal.  Penggantian sendi lutut dalam kasus ini memungkinkan orang tersebut dapat berjalan dan beraktivitas lagi dengan nyeri minimal atau bahkan tanpa nyeri.

Secara teknis penggantian sendi lutut bukan mengambil lutut keseluruhan beserta semua tulang yang ada dan diganti lutut buatan baru, akan tetapi hanya permukaan tulang rawan dan bantalan sendi yang rusak saja yang diganti oleh komponen buatan permukaan sendi tulang paha, permukaan sendi tulang kering, permukaan sendi tempurung (tidak selalu diperlukan), dan bantalan sendi.  Komponen pengganti sendi lutut meliputi komponen permukaan tulang paha dan permukaan tulang kering yang dapat dibuat dari bahan campuran logam Co-Cr, oxinium, ataupun ceramic.  Komponen pengganti tempurung dan bantalan sendi buatan umumnya dibuat dari bahan polyethilene (dapat anda bayangkan seperti plastik semi karet).  Bahan-bahan tersebut relatif aman dan tidak bereaksi saat berada dalam tubuh manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penggantian sendi panggul memiliki sistim yang agak berbeda dengan penggantian sendi lutut karena bentuk sendi panggul yang menyerupai mangkuk dan bola.  Penggantian sendi panggul dapat dilakukan sebagian maupun total, tergantung masing-masing kasus.    Bahan dasar mirip dengan sendi lutut buatan tetapi desain berbeda.  Pada sendi panggul buatan ada komponen pengganti tulang paha yang menyerupai bola dengan akar tunjang, dan komponen pengganti tulang panggul yang menyerupai mangkuk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apabila memerlukan bantuan/informasi lebih lanjut, pembaca dapat menghubungi saya melalui website www.doktertulangsemarang.com (konsultasi via e-mail), Klinik Rawat Jalan RS Telogorejo (Senin – Sabtu), atau untuk kasus gawat darurat dapat menghubungi saya melalui IGD RS Telogorejo.

Vincent, July 2014

 

Gambar
Ronsen
Sendi
Lutut
buatan
Gambar
Ronsen
Sendi
Panggul
buatan