© Vincent, 2013-2018; Semarang, Indonesia.  Dokter Tetap Orthopedi & Traumatologi @ SMC (Semarang Medical Center) - RS Telogorejo Semarang.

Dokter Tulang, Sendi & anggota gerak @ Semarang Halaman Muka Tentang Saya Info Kesehatan Kontak/Klinik Konsultasi

Infeksi pada tulang adalah proses dimana tulang terinvasi oleh mikroorganisme yang merusak tulang.  Umumnya diakibatkan oleh kuman/bakteri, meskipun dapat juga diakibatkan oleh jamur.   Bakteri tersebut dapat sampai pada tulang melalui pembuluh darah misalnya pada orang yang memiliki infeksi gigi, maupun lewat luka yang berhubungan langsung dengan tulang.  Beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan terjadinya infeksi tulang melalui pembuluh darah, diantaranya infeksi gigi, flek paru-paru, infeksi saluran kencing, dan infeksi saluran cerna.  Beberapa kejadian juga dapat mengakibatkan bakteri masuk langsung ke tulang bila tidak ditangani serius seperti: luka diabetes, patah tulang terbuka seperti pada kasus kecelakaan lalu lintas, tertusuk duri, terkena pisau, perawatan luka paska operasi tulang yang kurang memadai, dll.  Infeksi tulang sendiri dapat mengakibatkan problem yang berkepanjangan apabila tidak ditangani serius seperti rusaknya tulang yang mengakibatkan hilangnya fungsi lengan/tungkai dan kelumpuhan, busuknya jaringan tubuh, penyebaran infeksi ke seluruh tubuh, menetapnya infeksi tulang seumur hidup, maupun kematian.  Beberapa orang akan cenderung lebih mudah mengalami infeksi tulang, misalnya orang yang mengidap penyakit kronis hati atau ginjal, sakit gula/diabetes, penyakit AIDS, mengidap kanker, orang dengan pengobatan steroid jangka panjang, rematik, gangguan pembuluh darah, orang dengan kebiasaan seperti merokok, dll.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Infeksi pada tulang dapat memberikan banyak variasi gejala, diantaranya berupa timbulnya bisul, nanah, cairan berbau yang keluar terus menerus, adanya lubang yang tidak pernah menutup pada kulit, pembengkakan, warna merah, rasa nyeri, demam, mual dan muntah, dll.    

Penanganan infeksi tulang semakin dini semakin baik.  Pencegahan lebih baik dibandingkan pengobatan. Penanganan berupa menjaga daya tahan tubuh sebaik mungkin termasuk cukup istirahat, makan bergizi dan seimbang, biasakan tidak mudah stress, melakukan pengobatan teratur ke dokter bila memiliki penyakit tertentu terutama yang telah disebutkan sebelumnya,  pemberian antibiotik yang tepat, perawatan luka, maupun tindakan operasi pembersihan tulang.

 

Apabila memerlukan bantuan/informasi lebih lanjut, pembaca dapat menghubungi saya melalui website www.doktertulangsemarang.com (konsultasi via e-mail), Klinik Rawat Jalan RS Telogorejo (Senin – Sabtu), atau untuk kasus gawat darurat dapat menghubungi saya melalui IGD RS Telogorejo.

 

 

 

 

 

 

 

 

INFEKSI TULANG

Infeksi Tulang harus ditangani secara serius sejak dini untuk mencegah terjadinya infeksi tulang seumur hidup

Gambar Contoh Infeksi Tulang