© Vincent, 2013-2018; Semarang, Indonesia.  Dokter Tetap Orthopedi & Traumatologi @ SMC (Semarang Medical Center) - RS Telogorejo Semarang.

Dokter Tulang, Sendi & anggota gerak @ Semarang Halaman Muka Tentang Saya Info Kesehatan Kontak/Klinik Konsultasi Penggantian Sendi Sebagian

Penggantian sendi panggul dan lutut sebagian umumnya memberikan rasa lebih nyaman dan bebas dibandingkan penggantian sendi total, tetapi selektif hanya dapat dilakukan pada kasus tertentu saja.

‘Penggantian Sendi Sebagian’/Partial Joint Replacement adalah suatu prosedur tindakan penggantian sendi yang dilakukan pada bagian sendi tertentu yang rusak berat (sebagian), yang memberikan rasa nyeri yang mengganggu, tidak kunjung membaik dengan pengobatan, ataupun memberikan fungsi yang buruk bila bagian sendi tersebut dipertahankan. Contoh penggantian sendi sebagian tersebut diantaranya: ganti bonggol sendi dan ganti sebagian sendi lutut (unicondylar knee replacement).  

Penggantian bonggol sendi panggul umum dilakukan pada usia lanjut dimana terjadi kerusakan pada bagian kepala tulang paha (bonggol) tanpa melibatkan kerusakan mangkok sendi atau pada kasus patah bergeser yang melibatkan bonggol tulang paha, sedangkan penggantian sendi sebagian pada lutut (unicondylar knee replacement) dapat dilakukan pada sendi lutut yang rusak pada setengah sisi dalam bagian sendi.

Penggantian sendi sebagian memberikan beberapa keuntungan dan kerugian dibandingkan penggantian sendi total.  Kelebihannya terutama adalah pada proses pemasangannya yang lebih cepat, luka lebih kecil, fungsi gerak sendi yang cenderung lebih baik, reaksi penyesuaian tubuh yang lebih sedikit/cepat, proses pemulihan/recovery yang lebih cepat, dan khusus untuk penggantian sendi lutut sebagian memberikan rasa/feel yang cenderung lebih nyaman karena lebih mendekati sendi aslinya.  Kekurangannya adalah pada pemakaian yang tidak wajar bagian sendi yang tidak diganti suatu saat dapat mengalami kerusakan/aus.

Meskipun secara teoritis dan teknikal penggantian sendi sebagian ini lebih sederhana dan cepat dibandingkan penggantian sendi total baik untuk sendi panggul maupun sendi lutut, tetap memberikan risiko operasi seperti rata-rata operasi pada umumnya, diantaranya kemungkinan infeksi, perdarahan, reaksi alergi, reaksi obat, dll yang terjadi pada kurang lebih hanya 3% kasus.

Khusus untuk penggantian sendi lutut sebagian yang dikerjakan di SMC/RS Telogorejo umumnya menggunakan alat desain/produksi negara Inggris dengan teknologi mobile bearing dimana bantalan sendi buatan dapat bergerak mengikuti gerakan permukaan sendi buatan sehingga menambah lingkup gerak sendi dibandingkan versi standar.

 

Gambar
Sendi Lutut Sebagian/ UKR
Unicondylar Knee Replacement
Gambar Perbandingan
Luka Operasi Sendi Lutut Sebagian
dan Sendi Lutut Total